Tuesday, April 14, 2015

Game Developer Gathering 2015 Hadir di 4 Kota - Bola World


Bola WorldGame Online – GDG (Game Developer Gathering) salah satu konferensi developer game terbesar di Indonesia hadir kembali untuk tahun ini. GDG 2015 akan diselenggarakan di empat kota di jawa dengan format roadshow yaitu Surabaya, Jakarta, Jogjakarta, dan Bandung.

GDG adalah sebuah acara non profit yang digelar setiap tahunnya dan diselenggarakan oleh Duniaku.net,  AGI (Asosiasi Game Indonesia), serta didukung oleh jurusan Visual Communication Design (VCD) dan Teknik Informatika Universitas Ciputra, Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika dari Kemenkominfo, Toge Productions, Komunitas Game Developer Arek Suroboyo, dan Komunitas Game Developer Jogjakarta.

Tujuan dari GDG ini adalah untuk menghubungkan mahasiswa, developer game, investor, publisher dan media dalam sebuah platform untuk saling sharing mengenai pengalaman mereka selama berkecimpung di industri game. Bukan hanya sesi sharing mengenai pengalaman, melainkan dalam event ini terdapat beberapa acara menarik seperti showcase beberapa game buatan developer Indonesia, workshop teknologi pengembangan game, dan open recruitment bagi masyarakat yang ingin terjun di bidang pengembangan game.

Berikut jadwal yang dikeluarkan oleh panitia untuk lokasi event GDG:
  • Surabaya: 1 Juni 2015 (Universitas Ciputra)
  • Jogjakarta: 3 Juni 2015 (masih menunggu konfirmasi)
  • Jakarta: 5 Juni 2015 (msih menunggu konfirmasi)
  • Bandung: 6-7 November 2015 (Sasana Budaya Ganesha)

Surabaya menjadi pembuka dalam acara GDG 2015 ini dan panitia telah menyiapkan sekitar delapan sesi sharing yang akan diisi oleh beberapa nama tenar dari industri game seperti Arief Widhiyasa (CEO dari Agate Studio), Kris Antoni (CEO Toge Productions sekaligus founder dari GDG), dan Eka Pramudita Muharram (CEO dan Mojiken Studio dan perwakilan dari Game Developer Arek Suroboyo/GADAS). Selain itu juga akan ada sesi workshop dari Unity yang bisa diikuti peserta selama satu hari penuh. Workshop Unity ini juga akan hadir di Jakarta dan Jogjakarta.

Dilansir dari Indogamers, dari event GDG ini akan ada beberapa konsep menarik yang akan ditambahkan dalam penyelenggaraan tahun ini. Salah satunya adalah Starup Showdown, dimana panitia akan mengundang beberapa perusahaan rintisan alias starup yang tengah hot di Indonesia untuk berkompetisi di panggung GDG 2015.

Selain mendapatkan penghargaan dan juga kesempatan untuk mendapatkan exposure, pemenang dari Starup Showdown ini akan membawa pulang uang tunai sebagai hadiah. Starup Showdown ini akan diselenggarakan di GDG Prime 2015 di Bandung. Selain itu di Surabaya juga aka nada Starup Clinic yang akan mempertemukan para startup dengan investor, publisher game dan juga beberapa publisher platform.

Bola WorldGame Online – GDG event 2014
Robi Baskoro, CEO dari Duniaku.net sekaligus ketua panitia GDG 2015 berharap event pada tahun ini bisa menjadi hub bagi para pelaku industry kolaborasi lebih jauh lagi, apalagi dengan kehadiran investor dalam kesempatan ini. Begitu pula oleh Andi Suryanto selaku Presiden dari AGI (Asosiasi Game Indonesia) mengatakan bahwa “GDG merupakan event terbesar bagi para pelaku industri game di Indonesia. Senang sekali GDG pada tahun ini bisa dilaksanakan dibeberapa kota di Indonesia. Harapan saya dengan GDG 2015 ini jumlah Game Studio dan professional kita akan semakin bertambah dengan kualitas game yang akan semakin meningkat dan bersaing secara global.”

Pendaftaran GDG 2015 di Surabaya sudah dibuka sejak tanggal 5 April 2015. Panitia membuka slot pendaftaran untuk 200 peserta, dimana 100 peserta pendaftar pertama akan mendapatkan makan siang. Selain itu akan ada 10 slot untuk studio yang ingin menggelar Showcase karya mereka, 50 slot untuk peserta Workshop Unity, dan 30 slot untuk Starup Clinic.

Ternyata antusias para developer game di Indonesia dalam menyambut event ini sangat besar, terlihat dari tiket GDG 2015 di Surabaya sudah sold out hanya dalam waktu 3 hari setelah dibuka pendaftarannya pada 5 April 2015 kemarin. Namun panitia akan menyediakan gelombang tahap kedua bagi para pendaftar pada Mei mendatang di website eventbrite seperti tahun sebelumnya.

Mainkan Bola World, Game Online Bola  yang sangat menarik berbasis jejaring sosial. Daftarkan diri Anda sekarang juga di http://bolaworld.com dan mainkan permainannya.


No comments:

Post a Comment